Beranda
Tips
Cara print file yang benar agar tersusun rapi
September 21, 2021

Cara print file yang benar agar tersusun rapi

cara-print-tersusun-rapi
cara-print-tersusun-rapi

Print adalah proses mencetak sebuah dokumen berupa word, excel, pdf atau image dari komputer menggunakan mesin printer. Biasa kita jumpai di tempat percetakan atau foto copy.

Dokumen keluar dari printer biasanya dimulai dari halaman awal ke halaman terakhir, sehingga menambah waktu pengerjaan untuk menyusun ulang agar lembaran dokumen tersusun rapi dari halaman pertama sampai selesai sesuai dengan file yang ada di komputer.

Tahukah kamu ada tipsnya agar lembaran yang diprint keluar halaman terakhir dulu menyusul halaman berikutnya hingga halaman pertama?

Silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Cara print file agar tersusun rapi

1. Buka file yang akan diprint.

File bisa berupa word, Excel, pdf atau image.

2. Klik tombol print

Bila tidak muncul, di keyboard tekan tombol ctrl+p secara bersamaan.

3. Print properties

Klik menu properties maka akan muncul tampilan seperti ini, saya menggunakan printer Epson L120, untuk tiap-tiap printer bisa saja tampilannya berbeda.

cara-print-rapi
cara-print-rapi

4. Ceklis Reverse Order.

Silahkan ceklis pada kotak Reverse Order.

cara-print-rapi.1
cara-print-rapi.1

5. Klik OK

Setelah benar settingan printer selanjutnya klik OK.

6. Print

Terakhir klik tombol Print, dan lihat hasil print yang keluar adalah lembaran terakhir dari file tersebut.

cara-print-rapi.2
cara-print-rapi.2

Itulah cara print file agar tersusun rapi, semoga bermanfaat.